PENTAS KOLABORASI UNIK SINGO BARONG JARAN KEPANG

 
Seni Barong atau Singo Barong, merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Kendal. Tari Barong dilakukan oleh kelompok yang terdiri dari Singo Barong, yang mengambarkan keperkasaan dan kebuasan seekor singa raksasa.

Biasanya berjumlah dua ekor yang mencerminkan sepasang jantan dan betina. Satu barongan dimainkan oleh dua pemain, pemain depan memegang kepala yang berbentuk singa terbuat dari kayu dengan bersembunyi dibalik kain loreng-loreng menyerupai singa. Sedangkan pemain belakang bertindak sebagai ekor, dengan gerakan mengikuti pemain yang didepan.

Dalam permainan ini biasanya diiringin dengan gending -gending jawa dan tabuhan gamelan.  Selain seni barong dalam acara karnaval biasanya menampilkan budaya dan kesenian lain yaitu Pasukan berkuda, Ondel - ondel dan tarian jawa.

Alur cerita di dalam seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan seperti spontanitas, sederhana, keras serta kompak yang dilandasi kebenaran. Pertunjukan singo barong umumnya dipertunjukkan pada saat hajatan khitanan, Acara Merti Desa dan Perayaan Hari kemerdekaan.

Biasanya seni barong di tampilkan di sepanjang jalan utama kaliwungu kendal serta tidak ketinggalan  masyarakat yang antusias menyaksikan atraksi kesenian tersebut sehingga kondisi yang berjubel membuat kemacetan lalu lintas.

Kameraman & Reporter: Susiana N
Dubber & Editor Video: Susiana N
 sumber suara merdeka

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH KESENIAN SINGO BARONG